Menengok Keindahan Pantai Ngliyep Malang Jawa Timur


Menengok Keindahan Pantai Ngliyep Malang Jawa Timur - Halo teman – teman, lama juga Viye tidak berbagi cerita dan petualangan seru Viye ke teman – teman semua. pasti kangen kan? baiklah, kali ini Viye akan mengajak teman – teman semua untuk kembali menikmati nuansa pantai di kabupaten Malang, sekitar 62 Km ke selatan dari kota Malang tepatnya di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo Malang, yaitu pantai dengan hamparan pasir putihnya yang biasa dikenal dengan nama pantai Ngliyep.

Namun masih sangat disayangkan dikarenakan medan untuk menuju pantai ini terbilang cukup sulit, tapi jangan kuatir karena medan sulit tersebut hanya medan dekat pantai saja, untuk selebihnya medan yang ditempuh bisa dibilang lancar. Pantai ini bisa dikatakan cukup ramai dengan pengunjung pada area utamanya dan cukup banyak sampah makanan pula yang mungkin cukup mengganggu pemandangan, tapi jangan kuatir karena teman – teman bisa berjalan ke arah timur pantai dengan menaiki bukit yang tidak terlalu tinggi untuk mendapatkan suasana yang lebih tenang dengan pemandangan yang tidak kalah indahnya.

Pantai Ngliyep malang
Pantai Ngliyep

Hamparan pasir putih dengan luas sekitar 10 Ha bisa teman – teman manfaatkan sebaik mungkin untuk bermain, berjemur, olahraga, bahkan berkemah. fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup lengkap dengan adanya lahan parkir yang cukup luas disertai dengan fasilitas umum lain seperti toilet, kamar mandi, musholla, dan warung makan.

Pantai Ngliyep Malang
Pantai Ngliyep

Nur Afida kMenurut masyarakat di sekitar pantai, setiap tanggal 15 bulan Maulud, pantai ini akan lebih ramai dari hari biasa karena selalu diadakan acara labuhan. Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan dengan menyembelih kambing atau sapi yang disedekahkan kepada masyarakat sekitar pantai dan kemudian sebagian makanan juga dilarung atau ditebarkan ke tengah laut. Upacara ini dilakukan dengan membawa beraneka ragam sesaji dan diiringi kesenian Jaranan serta para pengawal yang mengenakan pakaian adat. Sesaji itu diarak menuju Gunung Kombang yang berjarak kurang lebih 300 m melalui sebuah jembatan dari pesanggrahan Ngliyep.


Sampai disini dulu ya cerita Viye tentang pantai Ngliyep, untuk lebih jelasnya mungkin pantai ini bisa ditambahkan di jadwal travelling teman – teman selanjutnya agar bisa melihat keindahan pantai ini secara langsung. sampai jumpa di petualangan Viye selanjutnya. Kunjungi juga Tempat Wisata Di Kota Malang Yang Menarik disini.