Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi


Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur - Berkunjung ke tempat wisata di jawa timur jangan sampai anda melewatkan tuban. Terkenal dengan objek wisata goa akbarnya yang selalu menyedot wisatawan lokal, ternyata ada beberapa tempat wisata di tuban yang sangat menarik dan indah dan belum banyak wisatawan luar kota tuban yang mengetahuinya. Tidak kalah dengan tempat wisata kota lain di jawa timur seperti malang, batu malang, surabaya, mojokerto, magetan, jember dan banyuwangi, Ternyata tuban juga memiliki beberapa objek wisata pantai yang sangat menawan dan sama indahnya dengan pantai - pantai yang ada di jawa timur maupun daerah lainnya di indonesia. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini koswisata akan memberikan informasi tempat wisata di tuban yang menarik dan wajib untuk anda kunjungi, Dan berikut daftarnya.

Pantai Kelapa
Pantai Kelapa
Tuban terkenal akan banyak objek wisata pantai yang sangat cantik, salah satunya adalah pantai kelapa. Sesuai dengan nama pantai ini, Di sepanjang garis pantai ada banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh subur dan terlihat sejuk. Pantai kelapa ini terletak di desa penyuran, kecamatan palang ata sekitar 7 km dari pusat kota tuban. Pantai ini juga disbut dengan pantai penyuran karena lokasi pantai ini memang berada di desa penyuran. Selain menikmati suasana pantai yang sangat sejuk, Di pantai kelapa ini anda bisa melihat aktifitas para penduduk sekitar yang sebagian besar adalah nelayan dan petani rumput laut. 

Pantai Boom
Pantai Boom
Sebuah pelabuhan legendaris yang berada di tuban jawa timur yang sekarang ini menjadi tujuan favorit wisata pantai di tuban. Dibalik keindahan pantai yang sangat menawan ternyata dulunya pantai boom ini merupakan salah satu pelabuhan penting di indonesia sebagai jalur distribusi dan juga jalur perdagangan. Untuk mencapai lokasi pantai ini sangatlah mudah karena cukup dekat dengan alun - alun kota tuban. Cukup dengan berjalan kaki 100 meter saja anda pun langsung dapat menikmati keindahan pantai ini. Ada sesuatu yang unik di pantai boom ini yaitu 2 buah sumur air tawar yang berada dalam sebuah bangunan dengan desain arsitektur jawa. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau yaitu Rp. 2.500 per orang

Pantai Sowan
Pantai Sowan
Pantai sowan merupakan pantai di tuban yang dikelola oleh KPH perhutani Tuban, Pantai ini berlokasi di Jln. Pantura, tepatnya di Dusun Sowan, Ds. Bogorejo, Kec. Banjar, Kab. Tuban. Saat Tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya yang masih sangat asri, Di pantai ini anda juga bisa merasakan pesona hijaunya tanaman yang tumbuh disekitar pantai. Berbagai macam tumbuhan seperti pohon klampis, pohon randu, mahoni dan lainnya tumbuh subur di hutan pantai sowan. Suara kicauan burung pun akan menambah semarak suasanan liburan anda di pantai sowan sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Pantai Cemara
Pantai Cemara
Jika anda mencari tempat wisata yang romantis di tuban, pantai cemara adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Sesuai dengan namanya, di sepanjang pinggiran pantai banyak sekali pohon cemara yang tumbuh yang membuat suasana pantai menjadi sejuk. Pohon cemara yang tertiup angin membuat nuansa pantai ini menjadi semakin romantis. Anda bisa menikmati pemandangan pantai sambil berteduh dibawah naungan pohon cemara, Sangat recommended sekali bagi anda yang datang sambil membawa pasangan. 

Air Terjun Nglirip
Air Terjun Nglirip
Ternyata di tuban juga ada sebuah air terjun yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah, Air terjun nglirip namanya. Air terjun nglirip juga sering disebut dengan grajagan nglirip ini terletak di dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 m dengan lebar 28 m. Ari terjun nglirip sangat jernih dan aliran airnya juga lumayan deras. Disekitar air terjun ini juga ada sebuah goa yang menurut cerita goa ini sering digunakan untuk bertapa.

Goa Akbar
Goa Akbar
Bagi anda yang sering berkunjung ke tuban, goa akbar ini memang sangatlah terkenal dan menjadi objek wisata andalan di dari kota tuban. Goa ini memang sangat ramai pengunjung lokal tuban sendiri dan luar kota karena memang lokasi goa sendiri terletak dibawah pasar baru tuban. Menurut cerita goa akbar ini dulunya merupakan tempat tinggal dari sunan kalijaga. Goa akbar memiliki fasilitas yang cukup mendukung seperti sudah tersedia lampu penerangan dan juga trak untuk menyusuru seluruh goa sehingga para wisatawan semakin mudah untuk menikmati pemandangan goa akbar.

Goa Ngerong
Goa Ngerong
Mungkin nama goa ngerong ini belum terlalu populer seperti goa akbar, Namun jika anda berada di tuban, jangan sampai melewatkan objek wisata yang satu ini. Ada sensasi tersendiri saat anda berwisata di goa ngerong, Para wisatawan yang ingin masuk kedalam goa harus menggunakan perahu karet untuk menikmati pemandangan dalam goa ngerong. Selain menikmati keindahan goa, anda juga bisa melihat ikan,dan kura - kura, Andapun juga bisa memberi makan ikan. 

Sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di jawa timur, tuban memang memiliki objek wisata menarik yang sayang bila anda lewatkan. Jangan lewatkan juga berkujung ke tempat wisata di jogja, tempat wisata di bandung, tempat wisata di bali, tempat wisata di lombok yang sudah terkenal dengan tujuan objek wisata populernya.